« »
« »
« »
Get this widget

3.22.2011

Pendidikan merupakan usaha dengan sengaja dari orang dewasa memberikan bimbingan kepada anak didik, dengan tujuan untuk membina mental dan spiritual hingga tercapainya istilah insan kamil. Dalam proses pendidikan guru dan siswa merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Seorang guru merupakan subjek dalam proses belajar-mengajar. Sedangkan siswa menurut Djakiyah Drajat mengatakan bahwa siswa merupakan subjek dan objek. Dikatakan sebagai subjek karena siswalah menentukan arah pendidikannya. Dikatakan objek karena siswa menerima transfer ilmu dari guru.
Dalam pendidikan, juga kita mendengar istilah belajar dan pembelajaran. Tentu kita bertanya-tanya dalam hati, apakah istilah belajar dan pembelajaran itu sama?
Belajar Merupakan Tindakan dan Perilaku siswa yang kompleks, sebagai tindakan, maka belajar hanya dialami oleh siswa sendiri. Siswa adalah penentu terjadi atau tidak terjadinya proses belajar. Proses belajar terjadi karena siswa memperoleh sesuatu yang ada di lingkungan sekitar. Lingkungan yang dipelajari oleh siswa adalah keadaan alam, benda-benda, hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia atau hal-hal yang akan dijadikan bahan belajar.
Belajar adalah proses mencari, memahami, menganalisis suatu keadaan sehingga terjadi perubahan perilaku, dan perubahan tersebut tidak dapat dikatakan sebagai hasil belajar jika disebabkan oleh karena pertumbuhan atau keadaan sementara. (Syaifuddin Iskandar : 2008 : 1)
Sedangkan pembelajaran/ instruksional adalah usaha mengorganisasikan lingkungan belajar sehingga memungkinkan siswa melakukan kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan menggunakan berbagai media dan sumber belajar tertentu yang akan mendukung pembelajaran itu nantinya.

Tidak ada komentar: